Selasa, 02 November 2010

Bisnis Ikan Nila

NILA KITA merupakan salah satu usaha kecil menengah yang didirikan satu tahun yang lalu memanfaatkan kreatifitas, penerapan ilmu (anggota juga merupakan mahasiswa budidaya perairan) dan penggalaman dalam melakukan budidaya pembesaran ikan nila GIFT secara intensif. Mahasiswa budidaya perairan yang mempunyai skill, ilmu dan berbekal penggalaman akan menenpatkan usahanya sebagai penyedia produk ikan nila yang masih hidup (berkualitas tinggi) untuk diolah dan dikonsumsi di Kabupaten Aceh Utara (Lhoksukon). Untuk kedepanya NILA KITA akan meningkatkan peluang usaha dengan cara  dengan mencoba membudidayakan ikan nila merah dan berusaha memgembang biakan ikan nila hitam (Black Tiger) yang merupakan ikan nila Introduksi dari afrika. Tetapi meningkatnya peluang bisa berdamapak pada kerumitan yang meningkat Berdasarkan hasil riset pemasaran ikan nila termasuk dalam produk unggulan pasar yang sangat digemari oleh masyarakat di Lhoksukon maupun diluar Lhoksukon.
Dengan jumlah tenaga kerja awal berjumlah 4 (empat) orang, perusahaan ini akan mampu mencapai visi dan misi sebagai berikut : Visi perusahaan adalah “Menghasilkan ikan konsumsi (Nila GIFT) yang berkualitas dengan harga bersaing yang dapat meningkatkan gizi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Aceh Utara”. Adapun misinya adalah mengimplementasikan teknologi dalam membudidayakan ikan nila secara intensif untuk meningkatkan gizi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Aceh Utara. Pada tahun 2012 kami akan memperluas lokasi pemasaran sampai keseluruh Provinsi Aceh dan Luar Aceh dengan menggutamakan efisiensi dan efektifitas kerja. Serta memiliki slogan “NILA KITA, memang jagonya nila”.
Produk ikan nila dalam kondisi hidup yang ditawarkan merupakan salah satu kekuatan usaha ini. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah marketing mix dan proyeksi kebutuhan modal mencapai Rp. 14.990.000.
Adapun resiko – resiko bisnis dan cara penanggulanganya adalah : (1) Terjadinya Kecelakaan tenaga kerja dalam melakukan proses produksi, dapat ditanggulangi dengan memberikan asuransi. (2) Penjualan menurun dapat diatasi dengan gencar promosi melalui pemberian diskon, media internet, spanduk , poster serta membuat jaringan distribusi baru. (3) Konflik intern dapat memecahkan kebersamaan tim dapat diatasi debgan sistem informasi yang terbuka dan pemberiaan motivasi yang sesuai.
I

Strategi Produk
“NILA KITA” merupakan produk dari hasil pembesaran ikan nila GIFT, produk ini merupakan hasil dari kerja keras, aplikasi ilmu dan pengalaman serta skill khusus yang dimiliki oleh tiap anggota. Produk memiliki harga yang ekonomis, walaupun harganya terjangkau namun kami selalu menjaga kualitas produk agar tetap unggul di bandingkan dengan produk lain. Di pasarkan dalam keadaan hidup agar ikan tetap segar dan gurih ketika akan dikonsumsi.
Nama NILA KITA ini berasal dari bahasa indonesia. NILA yang berarti ikan nila dan KITA merupakan singkatan dari Kualitasnya (terbaik), Intensif (sistem pembudidayaanya), Terjangkau (harganya) dan Aman (tidak berbahaya jika dikonsumsi). Alasan mengapa kami mengambil nama tersebut karena memberi kesan bahwa produk yang kami hasilkan adalah untuk masyarakat jugalah yang ikut menikmatinya (KITA).
Kami memilih nama produk NILA KITA untuk memperkenalkan produk perikanan ini kepada masyarakat, Nama NILA KITA mempunyai nilai jual yang tinggi karena namanya sangat mudah diingat, familiar dan diramalkan menjadi top brand sejak didirikan. Nama ini sangat penting bagi kami dalam mempromosikan produk. Produk hasil perikanan yang akan menjadi komoditas di Kabupaten Aceh Utara, jadi nama tersebut haruslah memiliki nilai jual yang tinggi agar produk yang kami jual laku di pasaran.
Dan logo yang dipakai adalah
I
KEUANGAN
Sistem keuangan yang digunakan menggunakan proyeksi kebutuhan

PROYEKSI KEBUTUHAN MODAL
I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar